5 Tips Blogging dengan Memaksimalkan Smartphone

4:09:00 PM

Assalamu'alaikum,
Hi, flashback ke beberapa tahun yang lalu waktu awal-awal blogging, aku hanya memakai smartphone untuk blogging. Dari mulai mengambil foto, edit dan membuat post semuanya dilakukan melalui smartphone. Tetapi dulu itu kualitas foto dari smartphone masih ala kadarnya dan membuat blog post juga lumayan tricky ya karena ukuran layarnya belum sebesar sekarang. Kalau dulu yang penting semangat ngeblognya kan, tetapi kalau sekarang kualitas blog sudah menjadi concern blogger termasuk aku. Bahkan beauty platform seperti femaledaily.com pun berawal dari sebuah blog☺. Dengan maraknya dunia blogger pastinya senang ya jadi banyak teman dan tentunya memicu untuk meningkatkan konten blog supaya lebih menarik untuk dibaca. 
Kalau sekarang ini smartphone sudah semakin canggih sehingga kita bisa memanfaatkan smartphone untuk blogging. Menurutku blogging dengan smartphone jauh lebih praktis karena smartphone itu bisa dibawa kemana dan kapan saja. Dulu aku merasa kalau jadi beauty blogger harus punya kamera, sebagai pendukung untuk menghasil foto dengan kualitas yang oke. Sekarang ini spesifikasi smartphone sudah sangat canggih apalagi kameranya sudah bisa menyaingi kamera pocket/digital. Blogger sekarang ini dimudahkan dengan perkembangan teknologi smartphone. Ketika Samsung melaunching seri J5 (2016) dan J7 (2016) pada pertengahan tahun 2016, aku langsung melirik kedua smartphone tersebut karena kualitasnya cukup mumpuni untuk blogging. Sebagai salah satu aktif beauty blogger hampir 5 tahun terakhir ini ya aku mau sharing beberapa tips menjadi blogger dan tentunya berkaitan dengan blogger life will be easier with smartphone
1. Harus selalu up to date
Kenapa up to date? karena blogger itu membagikan tulisan yang bisa dibaca orang lain di media online, tentu saja tulisan yang up to date akan lebih menarik. Awal sebagai blogger aku posting sesuka hati. Akan tetapi, sekarang ini aku sadar sebagai blogger itu harus selalu up to date dengan berita atau trend terbaru. Sebagai beauty blogger tentu saja penting untuk mengetahui mengenai perkembangan produk atau brand baru. Selain memang tidak tahan dengan racun-racun cantik :P, sharing produk baru atau merk baru tentunya jauh lebih menarik bagi pembaca. Bagaimana cara supaya up to date, tentu saja dengan banyak browsing atau aktif di social media. Kalau mengenai beauty aku sering mencari informasi di femaledaily.com atau googling dan akhirnya blog walking. Karena teman-teman di sosmed aku juga banyak beauty blogger aku juga merasa banyak mendapat info-info beauty yang kekinian dari teman-teman di sosmed.
credit: www.samsung.com
Untuk bisa up to date, aku merasa sangat membutuhkan smartphone dengan RAM dan kecepatan tinggi. Samsung J5 (2016) dan J7 (2016) ini mempunyai processor QuadQore 1,2GHz dan OctaQore 1,6 GHz dengan RAM 2 GB. Aku membayangkan dengan smartphone tersebut, aku bisa browsing tanpa ada masalah smartphone hang dan layarnya blank ditengah-tengah browsing seperti masalahku sekarang ini.
2. Membuat postingan blog secara konsisten.
Semakin banyak topik yang dipost tentu saja akan membuat blog akan semakin hidup atau banyak yang berkunjung. Semakin sering blogger memposting tulisan baru maka blog tersebut semakin menarik untuk dikunjungi. Sebenarnya tidak hanya blogging, sesuatu yang dilakukan dengan konsisten maka as time goes pasti akan growing dengan sendirinya.
credit: www.samsung.com
Untuk menulis blog melalui smartphone ini lumayan tricky, yang pertama sering typo karena ukuran layar yang minim. Kadang aku sering mencicil draft blog post kalau sedang ada waktu luang dan itu aku lakukan dengan smartphone karena PC cukup menarik perhatian untuk dibawa-bawa. Ideal smartphone untuk blogging adalah smartphone dengan minimal ukuran layar 5". J5 (2016) dan J7 (2016) mempunyai ukuran layar 5,2" dan 5,5" yang akan mendukung menulis blog via smartphone. Selain itu, display layar dengan teknologi super AMOLED, 1280X720 HD akan membuat tampilan di layar lebih jernih dan nyata. Teknologi ini tentu saja akan memudahkan menulis blog via smartphone.
credit: www.samsung.com
Hal yang simple tetapi penting menjadi perhatian adalah daya tahan baterai. Karena sering ditengah-tengah menulis draf, belum disimpan dan aku melakukan hal lain setelah itu lowbat dan tidak tersimpan :(. Sedangkan Samsung J5 dan J7 (2016) dilengkapi dengan Ultra Power Saving dengan kekuatan baterai 3100 mAH, bisa bertahan hingga 71 jam (J5) dan 3300 mAH, mampu bertahan hingga 96 jam (J7). Tidak ada lagi drama menulis blog tidak tersimpan gara-gara lowbat.
3. Best quality pictures
Postingan blog akan jauh lebih menarik jika terdapat foto-foto pendukungnya. Orang pastinya bosan ketika membaca tulisan tanpa gambar. Apalagi beauty blogger semua pasti tahu foto dengan high quality merupakan keharusan. Apalagi kalau swatch eyeshadow atau lipstick, kalau kameranya tidak bisa men-capture dengan kualitas HD tentu fotonya akan tidak memuaskan. Untuk menunjukkan real picture dari tekstur suatu produk pun diperlukan kamera dengan kualitas tinggi. Kamera dan lighting menjadi kunci utama untuk menghasilkan foto dengan kualitas HD. 
credit: www.samsung.com
J5 (2016) dan J7 (2016) ini dilengkapai kamera 13 MP dengan LED flash dan bukaan lensa F 1,9, yang akan membuat sensitivitas terhadap cahaya bagus dan meningkatkan kecepatan fokus kamera terhadap objek. LED Flash juga bisa membantu ketika foto ditempat gelap.
credit: www.samsung.com
Beauty blogger itu tidak jauh-jauh dari selfie, sehingga front camera itu akan menjadi kunci FOTD kece yang akan di upload di instagram. Samsung J5 dan J7 ini dilengkapi front camera 5 MP, selain itu dilengkapi dengan LED Flash, palm selfie dan beauty mode. Semuanya akan memudahkan beauty blogger ketika selfie dan hasilnya bisa langsung diupload di instagram :P.
4. Aktif di sosial media (facebook, twitter, instagram, snapchat, dll)
Menurutku aktif di sosial media (sosmed) sangat membantu dalam mempromosikan konten blog. Apalagi dengan begabung dengan forum-forum blogger, kita bisa berkenalan dengan sesama blogger, bisa sharing sambil mempromosikan konten blog kita. Banyak lo pertemanan dari forum blog kemudian menjadi teman di dunia nyata. Awal-awal blogging dulu bahkan sampai sekarang aku sangat terbantu dengan forum-forum blogger. Aku juga bisa blog walking tanpa bingung mau berkunjung ke blog siapa. Selain forum, sosmed seperti instagram, facebook dan twitter juga bisa menjadi buzzer untuk blog. Apalagi kalau sudah menghadiri suatu event yang memang diharuskan untuk share foto saat itu juga, diperlukan smartphone yang bisa untuk multitasking.
credit: www.samsung.com
Sebagai beauty blogger aku sering mengambil foto banyak-banyak kemudian baru dipilih satu untuk diupload, hehe. Karena memotretnya bisa sampai ratusan untuk objek yang sama tentu sangat diperlukan untuk mengecek availability memory dengan cepat. Dengan fasilitas smart manager pada samsung J5 dan J7 (2016), kita bisa dengan mudah memeriksa status penyimpanan dan status memori. Selain itu smart manager juga bisa memeriksa ketahanan baterai dan pengaturan keamanan. Kebayang kan kalau itu memudahkan blogger dalam mengelola blog. Selain itu, kedua smartphone tersebut didukung dengan memori internal 16 GB.
5. Menggunakan koneksi internet yang cepat
Blog adalah buku diari online dan tentunya dibutuhkan koneksi internet untuk bisa update blog. Ini mungkin tidak berhubungan langsung dengan blog tetapi percaya deh kalau tidak ada koneksi internet yang cepat itu adalah hambatan terbesar blogger. Banyak smartphone yang belum mendukung jaringan 4G tetapi J5 dan J7 (2016) ini sudah didukung dengan jaringan 4G. Blogger di daerah manapun bisa dengan mudah terhubung dengan internet untuk upload maupun sekedar browsing atau blog walking dengan cepat. Apalagi aku yang tinggal bukan di kota besar sangat membutuhkan jaringan 4G agar bisa menikmati koneksi internet dengan cepat. Tersedianya koneksi wi-fi juga akan sangat mendukung blogger dalam berselancar di dunia maya. Selain itu smartphone J5 dan J7 ini dual SIM. Entah kenapa aku lebih nyaman dengan smartphone dual SIM, supaya bisa berganti provider apabila memang sinyal salah satu provider sedang down.

Samsung J5 (2016) dan J7(2016) memberikan spesifikasi smartphone giving all you need in one package as a blogger ya, hehehe. Seperti yang kalian bisa lihat, J5 dan J7 mempunyai design yang menarik dan slim. Keduanya memiliki beberapa pilihan warna yaitu gold, black, white and pink. Kalau ada yang berpikir harganya pasti mahal ya? Harganya cukup terjangkau kok, J5 (2016) sekitar Rp. 2.900.000,00 sedangkan J7 (2016) sekitar Rp. 3.500.000,00. Bagaimana? menarik kan? apalagi kalau kamu blogger☺



Love


A


You Might Also Like

0 comments

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe