SK II Facial Treatment Essence Review

4:20:00 PM

Assalamu'alaykum,
Hi, kali ini aku mau membahas the famous product sejagat raya per skincare an. Yap, it's definitely Facial Treatment Essence atau dikenal dengan FTE dari SK II. Kenapa aku bilang the famous karena setiap aku posting skincare routine dari bunch of skincare products, pasti yang ditanya adalah FTE lagi FTE lagi, hahaha. Why everybody want to know about this? why FTE is the most interesting skincare product for anyone? Menurut analisis abal-abal aku, mereka tertarik karena claim of the product yaitu kulit sebening kristal. So, I think almost every women want to know how it will work for making crystal clearest skin. Kesimpulannya setiap perempuan mendambakan kulit sebening kristal, ya kan? ngaku aja deh, hihi. Even though someone said, "I think I embrace my natural beauty, I don't need the freaking expensive FTE" tetapi diam-diam pada penasaran kan tentang produk yang satu ini, ya kan? hahaha. Tetapi sayang produk ini mahal, I'm personally said this product is expensive, but is that really worth every penny? Nah itulah problemnya ketika semua orang ingin mencoba tetapi ini bukan produk yang bisa dibeli untuk coba-coba. Untuk sekarang ini, thanks to online shop yang menjual sample products because it's definitely cheaper than full size and you can buy it without worrying much if it doesn't work for your skin.
Oke, di sini aku bakal mengupas tuntas *cieee si tersangka utama yaitu FTE, termasuk pertanyaan-pertanyaan yang sering kalian tanyakan tentang FTE. Pertama aku mau cerita dulu awal mula aku pakai FTE. Aku sudah memakai si FTE ini sekitar 3 tahunan, pertama kali coba of course aku beli ukuran sample size, the same problem with you guys, aku bimbang dan galau untuk mencobanya karena ya sebenarnya alasan klise sih yaitu mahal. Terus kok aku pakai bertahun-tahun berarti beneran bisa buat kulit sebening kristal ya? Eits, tunggu dulu, sabar ya aku mau bahas pelan-pelan mulai dari packagingnya. 
The last bottle that I purchased is 75 ml size and this is the old packaging. Packaging yang baru menurut aku lebih variatif, kalau ga salah sekarang ada warna merah, biru sama pink ya? *CMIIW. Aku ga tahu material packaging yang baru seperti apa tetapi kalau yang aku punya it's definitely fragile. Botolnya terbuat dari kaca dan aku sendiri sampai ngeri dan hati-hati banget dengan botol FTE ini. Aku orangnya ceroboh banget, aku sudah pernah menjatuhkan blush on, bronzer, eye shadow dan face oil hingga pecah T,T. Aku deg-deg an banget ketika aku beli FTE ini online karena takut banget kenapa- kenapa. Pernah beberapa kali mengalami kejadian tidak enak mengenai shipping barang yang bentuknya cair begini, tetapi Alhamdulillah FTE ini datang dengan mulus di pedalaman Kalimantan ini, hahaha. Aku juga jarang banget bawa ini kemana-mana, takut pecah boook! 
Kalau mengenai desain packaging, aku suka banget meskipun ga neko-neko dan biasa banget, cuma botol setengah transparan dengan tutup silver tetapi terlihat mewah loh nangkring di lemari makeup dan skincare aku, hehe. Mungkin ini karena sugesti kali ya harganya mahal jadi berasa gimana gitu lihatnya wkwkwk
SK II ini brand dari jepang so tulisan dibelakang botolnya adalah tulisan jepang. Aku cuma bisa baca SK II, 75ml dan made in Japan doang wkwk.
Begini box nya dan lagi-lagi tulisan jepang  -.- but don't worry di situ tertulis jelas expired datenya. To be honest, kalau dipiki-pikir produk ini tidak mahal-mahal banget, karena 1 botol yang 75ml ini habisnya lama banget, aku aja lupa kapan terakhir aku beli botol yang sekarang ini. Kalau memang cocok, FTE ini kaya invest buat kulit gitu lo, kalau cocok lo, kalau ga cocok beda lagi.
Ingredients
Don't worry meskipun singkat tetapi kalian bisa baca penjelasan mengenai kegunaan, cara pemakaian, peringatan dan komposisinya. Sebenarnya kalian bertanya-tanya ga sih sebenarnya FTE ini apa? Di box nya tertulis FTE ini adalah essence dan menurut aku lebih kepada first essence atau pre-essence atau skin booster. Kalau kalian masih bingung apa itu skin booster/pre-essence, kalian bisa baca atikel ini (klik), karena aku tidak akan membahas perbedaannya di sini. 
Nah, mengenai ingredients FTE ini, FTE ini juga terkenal dengan mengandung 90% Pitera.
Apa sih pitera itu?
Pitera adalah Galactomyces Ferment Filtrate, yang tertulis paling awal di bagian komposisi. Sepengetahuan aku pitera ini adalah ragi fermentasi yang bisa membuat kulit sebening kristal, hahaha. Sepertinya kandungan ini juga eksklusif hanya untuk produk SK II. Kalian bisa baca di website SK II di sini.
Apa manfaat dari Pitera?
Kalau aku baca di website SK II, manfaat dari pitera ini adalah membantu proses peremajaan kulit, membantu dan menjaga meningkatkan kilau serta tekstur lembut kulit.
Bagaimana cara memakai FTE?
1. FTE ini diteteskan ke kapas kemudian diusapkan ke seluruh wajah. Menurutku cara ini lebih irit karena biasanya aku hanya meneteskan 2/3 tetes dan aku tepuk-tepuk ke seluruh wajah tetapi sayang FTE yang meresap di kapas jadi aku tidak lagi pakai kapas.
2. FTE dituangkan di tangan dan ditepuk-tepuk langsung ke wajah. Cara ini lebih boros dibanding cara pertama. Aku lebih prefer cara ini meskipun habis lebih banyak tetapi seenggaknya si FTE ini banyak meresap di kulit bukan di kapas. 
3. Setahu aku FTE yang terbaru ada yang langsung berbentuk spray dan banyak orang bilang kalau cara ini yang paling efektif dan praktis. Berhubung aku males pindah botol, jujur aku belum pernah mencoba cara ini.
Tekstur FTE ini bening seperti air dan meresap ke kulit dengan cepat seperti air pula. Sayangnya aku tidak begitu suka dengan wanginya, namanya juga cairan fermentasi, jadi jangan berharap ini wangi. Aku sebenarnya tidak begitu suka dengan kandungan fragrance di skincare product but this smell isn't good, meskipun masih bisa ditolerin juga sih. 
Oke sekarang ke bagian yang paling ditunggu-tunggu. Apa benar FTE bisa membuat kulit sebening kristal? XD Selain itu aku juga mau langsung membahas FAQ di bagian ini.
Sebelumya aku mau memberikan disclamer dulu:
1. I bought FTE by myself so that's all pure my honest opinion.
2. Aku pakai FTE SK II kira-kira 3 tahun.
3. Selama memakai FTE, aku juga memakai produk skin care lain dan dari brand lain.
Selama 3 tahun ini, aku sudah mengalami love and hate relationship dengan FTE. Ada kalanya aku in love banget dengan FTE ada saatnya aku bete dengan FTE karena aku merasa produk ini biasa saja tidak memberikan efek signifikan padahal mahal.  
Selama baca-baca review dan dengar cerita orang lain tentang FTE, efeknya bisa terlihat itu berbeda-beda depends on masing-masing kondisi kulit. Lalu, berapa lama FTE ini terlihat efeknya di aku? Kulitku terlihat glowing itu lama, mungkin setelah 3 bulan rutin memakai FTE. Jadi, awal pakai itu kulit aku biasa aja nothing change or any improvement, tetapi aku telatenin dan setelah 3 bulan baru lah aku merasa kulit aku lebih glowing dan sehat.
Apakah mengalami purging saat awal-awal memakai FTE? Nope, karena aku tipe orang yang kalau purging, belum sampai parah sudah aku stop. Jadi aku sama sekali belum pernah mengalami purging selama memakai FTE. 
Apakah FTE bisa menyembuhkan jerawat? Katanya kalau ada jerawat lalu dikompres dengan FTE malam hari, besok paginya akan kempes. Sayangnya, FTE di aku tidak semagic itu, jerawat aku akan kering dalam semalam malah jika memakai obat jerawat seperti sulfur. Kalau cuma jerawat yang baru mau muncul, pernah kejadian besoknya tidak jadi muncul karena aku olesin FTE. Tetapi kalau sudah terlihat sebagai jerawat, belum pernah kempes dalam semalam, hahaha.
Apakah FTE bisa menghilangkan spots atau flek-flek hitam di kulit? Permasalahan utama kulit aku saat ini adalah flek hitam baik yang sudah muncul atau yang masih di dalam. Aku pernah cek di konter SKII dengan magic ring dan aku ngeri melihat kemungkinan flek aku yang bakal muncul. Mungkin memang memudarkan bekas jerawat but efeknya tidak begitu terlihat, aku tetap butuh sama yang namanya whitening serum/essence buat memudarkan bekas jerawat. Selama pakai SK II aku juga tetap kombinasikan dengan whitening serum/essence lain.
Apakah bisa membuat kulit glowing? I proudly say YES! seperti aku bilang 3 bulan pertama pakai aku merasakan kulitku berubah menjadi lebih glowing teksturnya lebih sehat dan kenyal. Tetapi seperti hidup masalah kulit akan selalu datang yang baru, nyahaha, so sometimes I forgot the amazing effect of SK II for making a glowing skin. Tetapi banyak orang bilang ke aku kalau kulitku glowing,  padahal sehari-hari aku almost bare face, jarang banget yang namanya pakai bedak dan bb cream. So, anytime someone told me that my skin is glowing I think it's because FTE, karena sejujurnya waktu beberapa orang bilang seperti itu aku merasa kulit aku bukan dalam kondisi yang perfect.
Apakah benar bisa membuat kulit tampak lebih muda? Sebenarnya aku gak ge-er terus merasa mudaan gitu wkwkwk. But, waktu terakhir aku cek dengan magic ring memang kulit aku tekstur dan kekenyalannya bagus so again I think is because FTE. 
Apa sih yang membuat aku bertahan dengan FTE bertahun-tahun? Aku adalah tipe orang yang mencoba banyak produk, entah itu makeup maupun skincare. Ada kalanya kulit aku jenuh dengan semua itu *kemudian drama* dan saat kulit aku mengalami kondisi jenuh aku akan stop pemakaian semua produk makeup dan skincare kecuali FTE dengan dibarengin dengan memakai masker-masker alami setiap hari. Kulit aku tipe yang berminyak tetapi ada masanya kulit aku dehidrasi parah dan again aku bakal balik ke FTE. Pokoknya setiap kejadian kulit aku menolak produk-produk kimia aku bakal balik memakai FTE. That's why pada akhirnya aku balik ke FTE lagi FTE lagi.
Apa moment 'hate' dengan FTE nya? hate moment nya adalah ketika aku excited dengan skincare-skincare baru aku dan aku melupakan FTE karena aku pikir FTE ini tidak lagi berefek alias sudah stagnan, secara 3 tahun book, bosen ga sih. Terus kadang-kadang suka berpikir "come on, masa gini doang sih buat jerawat ga kempes, flek aku juga banyak, ayolah FTE mahal nih, masa begini doang :P". Begitulah kira-kira, yang menyebabkan aku yang kadang suka selingkuh. Pernah 1 bulan sama sekali tidak pakai FTE ya biasa saja ga drama tetapi akhirnya pakai lagi.
FTE membuat kulit ketergantungan tidak? Menurutku tidak, as I mentioned before aku pernah kok beberapa kali berhenti pakai ya kulit aku baik-baik saja, dalam artian tidak purging. Kalau semisal penghentiannya lama dan kulit kembali kusam ya wajar ibaratnya kulitnya berhenti dikasih nutrisi. Aku belum pernah berhenti pakai FTE lama banget jadi belum tahu efeknya kalau beneran stop.
Boleh ga hanya pakai FTE saja? Ya sebenarnya boleh, boleh saja ya, tetapi ibarat kalau mau badan sehat ya harus makan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin, tidak cukup kan hanya makan berprotein saja terus badan jadi sehat. Yah sama lah kalau ingin kulit sehat ya ga cukup hanya dengan FTE saja. Begitulah kira-kira.  
Bagaimana dengan dupe-dupe dari FTE? Aku pernah coba STE atau Secret Key Treatment Essence  dan tidak cocok alias purging. So, I don't wanna talk about dupe too far.
Bisa tidak dikombinasikan dengan produk lain termasuk cream dokter? Dikombinasikan dengan produk lain, bisa. Kalau cream dokter aku tidak tahu karena selama pakai FTE, aku tidak pakai cream dokter.
Is that worth every penny? I don't know but I will continue using this until this bottle run out, after that let's see. Before this bottle, aku sudah purchase bekali-kali.
Kesimpulannya aku cukup puas dengan FTE, yah meskipun kadang ada hate nya tetapi kalau diingat-ingat secara objektif aku lebih ke pro kepada FTE.
Semoga penjelasan aku yang panjang tadi bermanfaat, sekali lagi cocok tidaknya it depends on your skin. Setiap kulit mempunyai reaksi yang berbeda-beda :)
So, have you guys tried it? Lemme know dan kalau ada pertanyaan seputar FTE boleh ditanyakan siapa tahu aku bisa untuk update postingan ini :)



Love


A

You Might Also Like

0 comments

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe