How important sunscreen for skin

5:52:00 PM

Assalamu'alaikum,
Hi everyone! Apa kabar? Lama banget sepertinya aku tidak menulis blog. Entah kenapa beberapa bulan belakangan ini aku susah sekali menemukan mood untuk menulis blog. I manage to start blogging more regularly. Hari ini aku akan membahas mengenai sunscreen. Sun protection produk menurut aku adalah produk skin care yang paling penting. If I should choose one for skin care, I will choose sunscreen.
Vitacreme B12 (day cream dan vitablanc)
Dua produk yang menjadi highlight kali ini adalah dua produk skin care yang berasal dari Switzerland. Kenapa kok aku menambahkan vitablanc juga dalam pembahasan kali ini? Sebenarnya dua produk tersebut adalah rutinitas wajib aku di pagi hari yang paling minimal, sunscreen dan moisturizer. Aku bisa skip makeup atau skin care lainnya kalau memang terburu-buru banget tetapi at least aku tidak pernah skip sunscreen dan pelembab. 
Kembali ke masalah sunscreen, kenapa sunscreen begitu penting  untuk dipakai? Aku akan memberikan 5 alasan mengapa sunscreen salah satu produk skin care yang tidak boleh ditinggalkan;
1. Sekarang ini lapisan ozon sudah mulai menipis, sehingga intensitas sinar UV untuk terpapar ke kulit semakin besar,
2. Paparan sinar UV dapat menyebabkan kanker kulit,
3. Dapat mencegah flek-flek hitam akibat sinar matahari, atau bisa memunculkan spruten (bintil-bintil coklat di wajah),
4. Dapat mencegah warna kulit tidak merata alias belang :D,
5. Sinar UV juga dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit sehingga sunscreen bisa mencegah terjadinya penuaan dini,
Sebenarnya masih banyak lagi bahaya-bahaya dari sinar UV tetapi kelima poin di atas yang selalu mengingatkan aku untuk tidak meninggalkan sunscreen.
Supaya lebih gampang, pembahasan sunscreen langsung aku kasih contoh produknya. Aku mempunyai beberapa koleksi produk sun protection. Aku mau kasih contoh salah satunya yaitu Day cream Vitacreme B12. Day cream ini mengandung SPF 30+++ UVA UVB.
Kali ini aku mau sedikit kasih penjelasan mengenai SPF, apakah benar semakin tinggi spf perlindungannya juga akan semakin tinggi?
SPF adalah Sun Protection Factor, ini menunjukkan satuan seberapa efektif sebuah sunscreen dalam melindungi kulit dari UV B, yang dapat menyebabkan sunburn, problem pada kulit dan berkontribusi sebagai penyebab kanker kulit. 
Sedangkan biasanya untuk melindungi dari UV A ada kandungan yang sering disebut PA++ *kebanyakan tertulis pada produk Indonesia, sedangkan dalam vitacreme ini juga tertulis UV A dan UV B meskipun tidak tertulis PA++.
Sekarang aku mau sedikit kasih gambaran mengenai besarnya SPF. Jika kulit akan terbakar setelah terpapar sinar matahari selama 10 menit, maka dengan sunscreen SPF 15, kulit akan bertahan di bawah sinar matahari tanpa terbakar kira-kira 150 menit. Tentu saja angka tersebut hanya perkiraan, karena semua tergantung pada intensitas paparan matahari, seberapa banyak sunscreen yang digunakan dan tipe kulit masing- masing. 
Untuk perlindungan terbaik para ahli kecantikan menyarankan untuk mengaplikasikan sunscreen minimal SPF 15 dan dengan jumlah 2mg/cm2 of skin. Aku juga ga tahu cara mengukurnya bagaimana, ahahaha. Never mind it's just the theory! prakteknya suka-suka, ya kan? *kidding, hehe. Oleh karena itu, juga disarankan untuk mengulang pemakaiannya setiap 2 jam sekali.
Katanya kalau semisal mengaplikasikan banyaknya sunscreen dibawah ukuran yang seharusnya, misal 1/2 atau 1/4 dari jumlah yang seharusnya diaplikasikan maka perlindungan yang diberikan hanya akar kuadrat dari besarnya SPF. Contohnya jika setengah pengaplikasian dari SPF 30 maka itu hanya akan memberikan SPF 5,5. Of course I don't expert about that but I read some beauty articles which explain about SPF and sunscreen. Hasil blog walking juga sih tahunya :P.
Sekarang kalau ngomongin seberapa efektif tingginya SPF dalam melindungi kulit:
SPF 15 menahan 93% UV B
SPF 30 menahan 97% UV B
SPF 50 melindungi 98% UV B
Jadi SPF 30 hanya memberikan proteksi 4% lebih besar dibanding SPF 15 :D
Sekarang aku mau ngomongin tentang sunscreen yang sedang aku pakai kali ini, Vitacreme B12 day cream.
"Day cream perlindungan sinar matahari ini diformulasikan dengan kombinasi yang ideal dari beberapa vitamin, yaitu B5, C, E, dan B12 (cyanocobalamin) sebagai sunscreen UVA UV B SPF 30+++. Kombinasi unik dari aktif ingredients menjaga kelembaban kulit dan menjaganya melawan efek-efek yang bahaya bagi kulit. Ini juga membantu untuk mencegah penuaan dini dan kerutan yang disebabkan paparan sinar matahari."
Cara penggunaan
Aplikasikan 15 menit sebelum terpapar sinar matahari dan ulangi pemakaian jika memang dibutuhkan.
Yang menarik perhatian aku dari produk ini adalah waterproof *YAY berarti setelah wudhu masih ada ya, hahaha *semoga sih*. Good news, berarti ini bisa dipakai buat main air dipantai, ya kan? hehehe. Tetapi biasanya aku siang-siang setelah sholat tetap pakai ulang juga.
Kalau dari segi packaging sih standar ya nothing fancy. But, it's sunscreen, yang bakal dibawa kemana-mana, apalagi orang lapangan kaya aku jadi ga perlu packaging bagus-bagus, nanti juga buluk, hahaha.
Bentuknya tube tetapi sayang aku sering banget *eh selalu* kebanyakan malahan. Tetapi kalau kebanyakan biasanya aku pakai di tangan aja sih.
Ingredients
Teksturnya sedikit thick, to be honest aku lebih prefer tekstur sunscreen yang lotion. Cuma ga terlalu lengket-lengket banget yang gimana gitu, teksturnya cukup ringan di kulit. Wanginya sedikit chemical tetapi ada sedikit wangi fruity tetapi tidak menyengat sama sekali kok, kalau tidak dicium-cium pasti tidak tercium.
Kalau diaplikasikan agak sedikit berminyak tetapi masih oke lah. Kalau sunscreen biasanya memang teksturnya lebih ringan dibanding sunblock. As you can see, separuh tangan aku yang bawah pakai sunscreen yang atas tidak. Kalau untuk foto memang whitecast. Bagi aku yang sebulanan ini kerja di lapangan, vitacreme B12 day cream ini membantu banget untuk mengurangi penggelapan kulit. Yah namanya terpapar lama oleh sinar matahari, yang namanya gosong itu pasti tetapi kadar menggelapnya tidak separah ketika tidak pakai sunscreen sama sekali. So far, aku selalu bawa vitacreme B12 day cream ini setiap kerja outdoor, karena pengalaman pakai UV protection yang spray agak susah meratakannya di kulit dan sedikit boros. 
Sedikit tambahan aku mau membahas produk dari vitacreme B12 juga yaitu VitaBlanc. Aku ingat dulu banget vitablanc ini pernah jadi whitening produk yang ngehits di forum Female Daily. Jaman aku masih belum ngerti skin care dan masih medit kalau belanja skin care :P *maklum dulu masih anak kuliahan*. Tetapi karena saking ngehitsnya banyak yang jual share nya. Dan akhirnya aku mencoba juga tetapi sample size. Mungkin karena tersugesti ketenaran vitablanc ini aku langsung merasa skin tone aku improve banget, hahaha. But, I don't talk about the past, masa lalu biarlah berlalu :P. Let's see how it works for my skin recently.
Ingredients
The skin treatments of the brand VITACREME B12 are formulated and manufactured in Switzerland, country of tradition in the heart of Europe.
Kalau dengar negara Swiss itu langsung terbayang negara yang super cantik dengan pegunungan bersalju dengan danau biru yang super cantik. Makanya aku berharap banget produk skin carenya as good as the country #LOL.
The basic ingredients, guiding of all VITACREME B12 products is the vitamin B12 (cyanocabalamin). 
The pharmacological studies have shown that vitamin B12, when applied in percutaneous application, increases the elasticity of tissue by promoting the reorganization of the network of elastin fibres and the production of collagen fibres, thin and regular. This action has the overall effect of "rejuvenation of the skin". The result of these pharmacological studies have been corroborated by clinical tested conducted with the regerative cream vitacreme b12: very significant reduction of wrinkles and folds of skin, significant improvements in elasticity and suppleness of the skin, significant correction of dry skin.
Teksturnya cream tetapi agak lebih cair dibanding yang day cream tadi, as you can see, kaya si vitablanc ini bisa ngalir sendiri kalau dibiarkan terbuka. Ga tau kenapa aku malah lebih bisa mengontrol keluarnya cream ini dibanding si day cream tadi. Yang aku kurang suka adalah material packagingnya, materialnya agak mirip packaging salep drugstore gitu lo, terus kalau udah dipencet gitu jadi agak peyot-peyot *you know what I mean. Teksturnya light banget dikulit dan ga lengket. Vitablanc ini bisa dipakai siang dan malam hari. Biasanya aku pakai untuk siang karena ringan banget, aku tidak suka dengan tekstur pelembab yang heavy kalau siang hari. Vitablanc ini membuat kulit supple, tetapi efeknya biasanya aja sih bukan kenyal yang gimana-gimana. Terus kalau skin tone bagaimana apakah improve? To be honest, aku juga belum merasakan perubahan yang kelihatan untuk skin tone aku. But, I like it, it's moisturizing, super light, and easy to blend. Biasanya aku pakai vitablanc dulu baru day cream karena day cream dari vitacreme ini lebih mirip sunscreen jadi aku perlu yang lebih melembabkan lagi.
If you're curious about where I got these? I got these from www.sociolla.com. You  also get benefit IDR 50000 off, using UK50 code when you're checkout, with minimum purchase IDR 200000
Bagaimana dengan morning routine kalian? Apa sunscreen favorite kalian? Please lemme know at the comment below :)
Don't forget to use sunscreen ya guys!


love


A

You Might Also Like

0 comments

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe