PAC Brush Cleanser Review

3:50:00 PM

Assalamu'alaikum,
Hi, setelah aku memposting first impression dari brush cleanser merk lokal yaitu PAC di youtube channel aku. Kali ini aku mau membahas reviewnya di blog. To be honest, aku memang belum pernah mencoba yang namanya brush shampoo atau brush cleanser dkk. Jadi dari dulu aku selalu mencuci brush dengan sunlight atau sabun cuci piring :D. Selama bertahun-tahun aku tidak merasa perlu beli brush shampoo karena aku merasa "pakai sunlight aja bersih kok". Tetapi sebenarnya, aku mempunyai sebuah problem berkenaan dengan cuci mencuci brush *eaak*, yaitu setelah dicuci dengan sunlight dan dibilas dengan air hangat, kuas-kuas aku membutuhkan waktu sehari semalam untuk bisa kering. Dan itu membuat aku malas untuk mencuci brush aku. Jadilah aku jarang mencuci kuas-kuas aku, hahaha. Jangan dicontoh ya ibu-ibu :)
Aku tidak terlalu tahu apa bedanya brush shampoo dengan brush cleanser. Setahu aku brush shampoo masih harus dibilas dengan air*cmiiw. Kalau brush cleanser ini tidak harus dibilas dengan air, jadi setelah dicuci dengan brush cleanser langsung dilap dengan tisu.
Sekarang aku mau mulai bahas dari packagingnya dulu. Kalau ada yang bilang PAC itu MAC nya Indonesia, aku lumayan setuju karena PAC mempunyai design hitam yang simple layaknya MAC. Almost all, PAC products packaging mempunyai design yang cuma hitam aja ditambah bentuk papan catur dan tulisan PAC berwarna putih. Bagi aku design seperti ini justru menjadi daya tarik tersendiri. Kalau dari segi botol nya aku agak merasa khawatir kalau dibawa pergi, kalau istilahnya fragile :D. Material botolnya itu kaca jadi aku tidak akan membawa ini kemana-mana, kalaupun mau bawa aku akan tuang ke botol yang lebih kecil yang bukan kaca. Size brush cleanser ini memang lumayan yaitu 240 ml, tetapi waktu digunakan untuk mencuci brush ternyata langsung habis setengah botol -,-
You see, sisa dari brush cleansernya langsung sisa setengah dalam sekali pemakaian. Kalau dari segi harganya aku tidak tahu harus berkesimpulan mahal atau murah yang jelas harganya terjangkau, karena kalau tidak salah cuma IDR 110000 untuk 240 ml, tetapi kalau dipikir-pikir cuma bisa dipakai beberapa pemakaian kok ya mahal juga, hahaha.
First impression waktu membuka botol, bau alkohol langsung menguar kuat tercium kemana-mana. Beneran ini bau alkoholnya strong banget, bahkan sama alkohol 70% aja baunya masih kuat ini. Tetapi memang di ingredients nya alkohol tertulis di list yang paling awal.
Kalian bisa baca direction how to use di box luarnya dan aku mencuci seperti apa yang tertulis di boxnya. Tetapi waktu pencucian pertama dengan brush cleanser, setelah di wipe dengan tisu rasanya masih ada sisa-sisa make up dikuasnya. Baru setelah diulang lagi mencucinya, brushnya baru benar-benar bersih ketika disapukan pada tisu. Mungkin karena mencuci brush dengan PAC brush cleanser ini tidak perlu menggunakan air, makanya kuas-kuas yang aku cuci menjadi cepat kering. Menurut aku, brush cleanser ini cocok untuk mencuci blending brush atau eyeshadow brush yang lain kalau semisal mau ganti warna dari warna dark ke soft. Karena brushnya langsung bersih dan kering sehingga langsung bisa dipakai lagi. Akan tetapi, kalau untuk mencuci brush secara rutih, aku prefer dengan menggunakan brush shampoo atau sunlight :D yang dibilas pakai air, karena kalau pakai ini bisa langsung habis sebotol dalam sekali cuci. Padahal brush aku tidak terlalu banyak lo :P *pasti kalian punya brush lebih banyak lagi, ya kaaan?
Ingredients
Tertulis disitu mudah terbakar, ini mesti hati-hati banget karena aku yakin banget ini, kandungan Alkoholnya tinggi banget. Seriously, hal yang terpikir pertama waktu kalian buka penutupnya pasti bau alkohol. Tetapi ini sih mungkin kandungan yang membuat brush bersih dan cepat kering *karena alkohol kan gampang menguap *iya ga sih?
Tutupnya begini, jadi hati-hati ya girls kalau menuangkan ke tempat cuci kuas, gampang banget tumpah atau kelebihan. Lubangnya besar jadi kurang terkontrol, aku berusaha hati-hati banget ketika menuangkan, sayang ya boook, ga tumpak aja cepat habis -,-

The verdict

Pros
- Bisa mencuci brush tanpa perlu dibilas, brushnya jadi cepat kering
- Membersihkan brush dengan cepat
- Mudah didapat dan local brand, kalian bisa dapatkan di martha tilaar store baik off line atau online
- Designnya simple but looking great menurut aku
Cons
- Tercium bau alkohol yang sangat kuat, meskipun yang tersisa di brush lumayan wangi, bukan bau alkohol
- Botolnya tidak travel friendly, karena kaca
- Meskipun sizenya besar tetapi boros banget, cepat habis
- Tutup dan lubang botolnya kurang bisa mengontrol banyaknya cairan ketika menuangkan.
Repurchase? Yes, meskipun aku mengeluhkan bau alkohol yang sangat kuat, tetapi ini praktis banget, bisa membersihkan brush dengan cepat.

Aku juga membuat video first impressionnya di youtube :) Semoga membatu ya ;)
Share juga dong biasanya kalian mencuci brush pakai apa? Sejujurnya aku lumayan cuek dengan masalah brush cleanser atau brush shampoo, padahal ini penting banget buat menjaga brush agar tetap higienis. Jadinya aku tidak terlalu banyak mencoba merk brush cleanser, jadi please banget kalau ada merk brush cleanser andalan kalian, kasih tahu ya :)





love


A

You Might Also Like

0 comments

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe