Berkunjung ke Candi Borobudur

9:16:00 PM

Assalamu'alaykum, 
Hai, aku sedang mencari alternatif liburan yang friendly budget dan pilihan jatuh pada candi Borobudur walaupun sebenarnya ingin ke Karimunjawa. Siapa yang sudah pernah kesana?hihi Meskipun aku orang jawa dan jarak antara rumah dengan lokasi candi tidak begitu jauh, ini pertama kalinya aku ke Borobudur #malunya. Aku naik sejenis metromini jurusan Magelang dari Purworejo, biayanya Rp 6000 kemudian turun di pasar Salaman melanjutkan naik metromini lain ke arah terminal Borobudur, kalau orang Magelang menyebut metromini ini barak. Perjalanan hanya memakan waktu 1 jam.
Dari terminal Magelang ke area candi itu bisa ditempuh dengan becak atau dokar (delman). Kalau becak, pak becaknya menawarkan harga Rp 10000 satu becak dan delman Rp 15000. Berangkatnya naik becak,pulangnya naik delman karena ternyata becaknya gak cukup buat bertiga,hehe.
Sampai disana jangan lupa membeli tiket masuk, karena kalau tidak, gak bakalan boleh masuk #yaiyalah. Tiket untuk orang dewasa seharga Rp 30000 dan untuk anak di bawah 6 tahun Rp 12500. Untuk rombongan seperti study tour tentu aja ada harga istimewanya so don't worry.
View jalan menuju candi, langitnya terang banget yah :)
Waktu awal masuk, "wah kok tinggi banget ya, kuat gak nih sampai atas?" hihi, kita lihat nanti :D
Salah satu relief candi, aku tidak begitu tau makna atau ceritanya apa, tetapi senang aja nyentuhnya soalnya timbul #norak haha
Sedikit tips kalau kesana hindari memakai heels terlalu tinggi, kalau bisa pakai flats saja karena tangganya hampir tegak. Aku bersyukur banget tidak pakai heels hari itu,hehe Pada ngeh gak kalau di situ aku sama temenku pakai kain batik yang sama, yes itu adalah syarat sebelum naik ke candi. Bagi yang berumur lebih dari 16 tahun wajib pakai kain batik tersebut. Jangan khawatir itu dipinjami pihak candi dan gratis.
Yuhuu, di sana super panas, selain tidak beratap mungkin batu menyerap panas kali ya, pokoknya super panas. Jadi aku saranin membawa payung dari rumah, ada sih yang menawarkan ojek payung seharga Rp 5000, tetapi demi kenyamanan mending bawa payung sendiri. Jangan lupa juga pakai sunblock #ini yang gw lupa,hiks. Hari itu aku cuma memakai pelembab berspf 15 dan cc cream T,T.
Stupa candi^^
Di sana ada beberapa larangan contohya tidak boleh duduk atau berdiri di stupa, tetapi kalau megang aja boleh kok,hehe
Hampir di semua foto, mukaku nyureng semua,soalnya panas banget disini, padahal aku naik ke candi antara jam 10 sampai 11an siang.
Yey, finally sampai juga pada bagian paling atas. Ternyata hanya makan waktu setengah jam untuk naik dan berkeliling hingga ke atas. Kita menyebutnya "Setengah jam menuju nirwana" haha. Selain candi borobudur masih banyak yang bisa dikunjungan di dalam area tersebut, ada beberapa museum dan bisa naik gajah atau berkeliling dengan kereta.
Funny picture *lol
Jadi ceritanya foto ini adalah ketidaksengajaan, tetapi entah mengapa yang jadi fokus malah Mr. Bule, mana senyum pula,wkwkwk Setelah selesai berkeliling aku memutuskan makan di artos mall yang bisa ditempuh dengan angkot satu kali, bayarnya Rp 6000.
Lunch
Walaupun aku merasa ada something different dengan rasa dan bentuk makanannya#lol, namanya lapar sehabis manjat candi tetep lah disikat habis,haha. Bagi yang tinggal di daerah Jawa tengah dan Yogya itu worthed banget buat dikunjungi kalau liburan, tempatnya juga bersih banget dan terawat. Walaupun awalnya aku agak sedikit kaget dengan harga tiket masuknya. Aku kira bakal setara dengan TMII, apalagi lokasinya di Jawa yang bisanya tarifnya lebih murah. Mungkin karena candi Borobudur ini skalanya internasional *alias sering dikunjungi turis kali ya. Aku sedang memikirkan lokasi liburan yang friendly budget lainnya, berhubung lagi wating for the job,hihi 


love 


 miz_purple

You Might Also Like

0 comments

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe