Seberapa penting "primer" dalam penggunaan makeup

1:06:00 AM

Assalamu'alaykum 
Hai semua, apa kabar? Sudah mulai masuk bulan Oktober nih. Bulan Oktober itu selalu menjadi alarm bagi aku kalau hampir mendekati pergantian tahun dan harus berbenah diri. Kenapa bulan Oktober? eheem, karena sebenarnya bulan Oktober adalah bulan kelahiran aku dan bulan ini akan menjadi lebih spesial lagi karena 10 Oktober nanti aku akan diwisuda, Amiiin. Sebenarnya aku agak parno sih sama tanggal lahir sediri karena umur aku jadi semakin tua. Dulu waktu ABG bertambah umur itu bahagia karena kalau melihat orang yang sedikit lebih tua kelihatan keren, bangga banget dulu kalau umurnya sudah mencapai 17/18,hahaha. Tapi sekarang gak tau kenapa aku pengen stay diumur 20 aja gak usah nambah-nambah :p. 
Bekaitan dengan wisudaan itu sudah menjadi tradisi di Indonesia kalau untuk cewek seperti diharuskan memakai makeup dan kebaya. Aku kadang tetep masih bertanya-tanya kalau semisal aku datang dengan muka polos dan baju kasual kira-kira bakal tetep diwisuda gak ya? :D. Entah wisuda atau acara formal atau party bahkan untuk sehari-haripun dibutuhkan makeup yang tahan lama. Banyak dari temen-temen yang sering bilang "nanti kalau makeupnya luntur gimana?kan gak lucu" Yep memang super gak lucu kalau foundation dan bedak tiba-tiba luntur kena keringat terus wajah jadi blonteng-blonteng padahal sedang dalam event penting dan ketemu banyak orang atau sedang melakukan photoshoot. Aku memang sehari-hari tidak pakai makeup tetapi cukup lumayan sering aku memakai full makeup. Ketika memakai full makeup juga pasti berpanas-panasan karena aku cewek bermobil alias buswayers dan angkoters :D. Kalau ditanya makeupnya pernah luntur gak? "Alhamdulillah belum dan jangan sampai ya :D". Mungkin ketika wajah bermakeup jadi berminyak setelah beberapa jam itu sering karena tipe kulit aku memang berminyak :D tetapi kalau luntur jangan sampai deh, Dan rahasia dari semua itu adalah "primer". Kalau dikalangan beauty blogger atau makeup addict pasti sudah tidak asing lagi. Tetapi banyak loh yang tidak tau apa itu primer karena namanya juga cukup universal. Kalau dalam ilmu ekonomi kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar. Nah kalau dalam make up primer adalah alas/dasar makeup. Primer pun bervariasi ada eye shadow primer dan ada juga face primer.
Yang pertama aku bahas adalah face primer
face primer itu berfungsi untuk: 
- sebagai dasar makeup, jadi dipakai setelah skin care dan sebelum semua makeup diaplikasikan. 
- primer bisa membuat foundation terlihat lebih menyatu dengan kulit. 
- jenis primer bervariasi tergantung jenis kulit dan fungsinya, ada yang untuk mengatasi minyak yang berlebihan, membuat pori kulit lebih halus, membuat makeup terlihat glowing, dsb 
- primer membuat makeup lebih tahan lama.
Kalau bagi aku nih primer dapat menyelamatkan segalanya yaitu ketika muka gampang berminyak dengan primer yang sesuai bisa membuat wajah matte seharian, foundation yang sedikit lebih gelap dari warna kulit bisa diselamatkan dengan primer yang mencerahkan dsb. Tetapi kalau pemakaian tidak tepat bisa juga bikin makeup berantakan, pernah aku pakai primer yang bikin glowing padahal muka aku tipe berminyak ditambah jakarta yang panas maka jadilah muka dekil,haha. Hampir semua brand kosmetik sepertinya mempunyai produk primer tetapi untuk produk lokal entah kenapa aku belum menemukan brand yang mempunyai produk primer tersendiri #kalau ada yang tahu kasih tahu ya :D. Biasanya untuk produk lokal primer disebutkan telah dicampur dengan foundation atau bb cream, tetapi kalau bagi aku efeknya kurang terasa. 
Ketika ditanya produk primer apa yang banyak beredar dipasaran sama temen-temen, kadang aku bingung juga jawabnya dan biasanya aku merekomendasikan revlon. Tetapi primer revlon ini cukup pricey untuk produk coba-coba. 

Yang kedua adalah eye shadow primer
Bagi yang hobi explore makeup mata pasti butuh banget yang namanya eyeshadow primer. Yep, hampir-hampir sama dengan face primer tadi. Eyeshadow primer adalah dasar sebelum pemakaian eyeshadow. Fungsinya juga hampir sama yaitu agar eyeshadow lebih tahan lama dan yang paling penting adalah untuk membuat warna-warna eyeshadow lebih keluar. Banyak dari eyeshadow yang susah keluar warnanya. Ketika pakai primer biasanya warnanya jadi lebih stand out dan cantik. Primer andalan aku adalah Urban Decay Eyeshadow Primer Potion. Kalau ditanya eyeshadow primer yang produk lokal, aku pernah mencoba ketika makeupin temen yaitu aubeau dan la tulipe. Hasilnya kedua eyeshadow primer tersebut lumayan untuk membuat warna eyeshadow keluar bahkan eyeshadow yang unbranded sekalipun. Akan tetapi teksture yang la tulipe ini cenderung keras seperti lilin dan agak seperti minyak ketika diaplikasikan. Kalau aubeau ini eyeshadow primer lokal yang aku biasa rekomendasikan kalau ada teman yang tanya. Bentuknya tube, teksturnya light dan cukup mudah pengaplikasiannya, tentu saja harganya murah (sekitar 28k). Sebenarnya tidak ada rules yang bilang kalau mau make up harus pakai primer, it's ur choice. Tapi berdasarkan manfaat tadi kalau bagi aku makeup primer itu penting. 
Oh ya chit-chat makeup primer tadi aku buat berdasarkan pengetahuan aku yang selama ini sering browsing, blogwalking ataupun vlogwalking tentang makeup. Jadi kalau ada kritik, aku welcome kok :) 
Enjoy ya :) 


 love 

 Anah

You Might Also Like

5 comments

  1. nice tips :) buat ak jg primer pentinggg eheheh XD
    btw aku baru follow blog km, mind to follow back? ^^ thanks~

    chelchellatte.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, thank you say :)
      makasih ya udh follow, I just followed ur blog ^^

      Delete
  2. nah aku juga lagi bingung nih sis nyari primer yang bikin muka ngga berminyak, kalo foundationnya suka pake BB cream. ada saran sis buat kulit wajah yang sama-sama berminyak? :)
    salam kenal ya, knjungi jga blog saya ;)

    ReplyDelete

I'm happy to read and reply your comment^^

Subscribe